Istri Kabur, Juli Artawan Rawat Anaknya yang Lumpuh Jadi. Videonya Bikin Haru Jutaan Netizen


Infoteratas.com - Video singkat perjuangan seorang ayah yang merawat anaknya yang mengalami penyakit langka mendadak viral di dunia maya karena menyentuh hati para netizen. Pria tersebut adalah I Gede Juli Artawan, warga Banjar Kebon Jero Kangin , Desa Munduk Temu, Kecamatan Pupuan, Tabanan. Itu karena sejak anaknya diketahui menderita penyakit langka, Artawan ditinggal oleh sang istri pulang ke kampung asalnya.

Artawan memiliki seorang anak perempuan yang berusia 7 tahun dan mengalami cerebral palsy. Cerebral palsy sendiri adalah adalah gangguan gerak yang mempengaruhi otot,gerakan dan ketrampilan motorik (kemampuan untuk bergerak secara terarah/terkoordinasi ) yang disebabkan oleh kerusakan otak yang terjadi sebelum atau sesudah kelahiran (menurut penelitian dokter sering terjadi sebelum kelahiran). Namun sejak masih berusia tiga bulan, ia ditinggalkan oleh sang ibu sehingga kini Ni Luh Gede Rita Kirani dirawat oleh Artawan bersama kakek dan neneknya yang tidak lain adalah orang tua Artawan.

Hidup dalam segala keterbatasan membuat Artawan tak bisa berbuat banyak untuk putrinya. Upah hasil kerja serabutan pun hanya cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Perbekel Desa Munduk Temu, I Nyoman Wintara menuturkan jika sejauh ini kondisi Rita yang mengalami penyakit sejenis cerebral palsy diketahui oleh Dinas Sosial Tabanan karena sudah pernah mendapatkan kunjungan. “Juga sudah ada yayasan yang memberikan bantuan kursi roda, dan anggota DPRD dari Pupuan juga sudah sempat berkunjung,” ujarnya.

Ditambahkannya, menurut penuturan Juli Artawan ia ditinggal sang istri ketika putrinya mulai diketahui menderita cerebral palsy. Saat itu sang istri asal Kabupaten Negara itu pamit untuk pulang kampung, namun hingga kini istrinya tak pernah kembali. “Sehingga dia yang merawat anaknya, dan saat bekerja anaknya dirawat oleh kedua orang tuanya,” imbuhnya.

Dan untuk meringankan beban Juli Artawan, Persatuan Wartawan Tabanan (Pewarta) Senin (30/10) memberikan sumbangan dana yang diserahkan melalui anggota DPRD Tabanan Fraksi PDIP I Gusti Nyoman Omardani yang kebetulan berasal dari Pupuan. “Dan saat saya serahkan bantuan dari rekan-rekan Pewarta, dia sangat senang dan mengucapkan terima kasih,” ujar Omardani, Selasa kemarin (31/10).

Dirinya menambahkan jika kondisi Juli Artawan memang patut mendapatkan uluran tangan karena termasuk keluarga kurang mampu, dimana rumah yang mereka tempati layak untuk mendapatkan perbaikan serta bantuan rutin untuk Rita yang kondisinya sakit dan kedua orang tua Juli Artawan yang sudah renta.

“Secara pasti saya kurang tahu apa penyakit yang diidap anaknya, tetapi sejauh ini sudah mendapatkan penanganan dari Puskesmas Pupuan I. Dan Bupati Tabanan juga sudah memerintahkan bawahannya untuk mengambil tindakan yang semestinya,” tandasnya.



"Inilah keluhkesa kehidupan aq,, sebagai ayah+ ibu bagi anaku,,walau keadaan anak ku yg tidak normal aq tetep bahagia jalani kekurangan dalam hidupku," tulis Juli Artawan pada keterangan video yang ia unggah di laman facebook pribadinya.

Video yang ia unggah pada 27 Oktober 2017 lalu itu telah ditayangkan 2.022.876 kali. Melihat ketelatenan Juli Artawan, warganet menaruh simpati, videonya sebanyak 11 ribu Kali dibagikan dan mendapatkan 2.500. (Jawapos.com)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Istri Kabur, Juli Artawan Rawat Anaknya yang Lumpuh Jadi. Videonya Bikin Haru Jutaan Netizen"

Posting Komentar