Ini Sosok 3 Wanita Indonesia yang Diduga Menjalin Cinta Terlarang dengan Eks Dubes Norwegia

Infoteratas.com - Duta Besar (dubes) Norwegia untuk Indonesia, Stig Ingemark Traavik, dipulangkan ke negaranya setelah kabar tentang perse...

Infoteratas.com - Duta Besar (dubes) Norwegia untuk Indonesia, Stig Ingemark Traavik, dipulangkan ke negaranya setelah kabar tentang perselingkuhannya menyeruak.

Koran populer di Norwegia, Verdens Gang (VG), mengungkap identitas 3 wanita Indonesia yang menjadi selingkuhan Stig Traavik.
Skandal ini telah diberitakan VG pada Juni 2017, namun baru santer dikabarkan di Indonesia baru-baru ini.

Dilansir dari NewsinEnglish.no, Selasa (20/6/2017), Stig Traavik memulai karirnya sebagai duta besar di Indonesia sejak 12 April 2012.
Beberapa bulan kemudian dirinya pindah ke Jakarta dengan istrinya.
Pada 2013 ia diduga memulai hubungan gelap dengan seorang wanita Indonesia.
Wanita itu adalah seorang pekerja Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) yang bergerak di bidang kebudayaan.

Ia menerima bantuan dana dari pemerintah Norwegia sekitar Rp 2,5 miliar untuk kegiatan budaya.
Pada April 2013 ia kembali memohon bantuan dana kepada pemerintah Norwegia dan mendapat kurang lebih Rp 932 juta, untuk organisasinya.

Wanita itu beberapa kali memohon dana bantuan kembali.
Secara keseluruhan, jumlah yang ia terima dalam dua tahun berikutnya lebih dari Rp 2 miliar.

Pada 2015 Traavik mengakhiri hubungan gelapnya dengan pekerja LSM tersebut.
Namun, ia menjalin hubungan baru dengan seorang wanita pebisnis yang ditemuinya dalam kunjungan para menteri Norwegia ke Indonesia.

Wanita itu menyalami Perdana Menteri Erna Solberg di Jakarta pada April 2015.
Traavik juga dikabarkan memuji perusahaan tempat wanita itu bekerja.

Hubungan mereka kemudian berakhir di tahun yang sama.
Di tahun berikutnya, awal 2016, Traavik kembali selingkuh dengan seorang wanita yang juga ia lihat dalam acara yang mempertemukan pada selingkuhan keduanya.
Saat VG menanyai tentang isu perselingkuhannya, Traavik menolak memberi jawaban, namun dia mengakui kesalahannya.

"Aku telah berbuat salah. Aku menyesal, dan aku telah melakukan pertanggungjawaban atas hal itu," ucapnya.

Dia juga menyatakan bahwa pemberitaan yang dibuat VG tersebut tidak benar, dan informasi yang didapat VG berasal dari orang-orang yang menyimpan dendam padanya.
Sementara itu, selingkuhan pertama Traavik di Jakarta menyebutkan dirinya tak menerima keuntungan pribadi dari hubungannya dengan eks dubes itu. 

Terindikasi Korupsi

Kisah cinta terlarang Traavik itu juga turut menggemparkan warga maupun pemerintah Norwegia.

Sebabnya, cerita asmara tabu Traavik dengan dua perempuan pebisnis dan satu perempuan aktivis di Indonesia itu diduga telah merugikan keuangan pemerintah Norwegia hingga Rp23 miliar.

Hikayat asmara berujung petaka ini berawal pada April 2012, ketika laki-laki berusia 46 tahun bernama lengkap Stig Ingemark Traavik ditunjuk pemerintahnya menjadi Dubes di Indonesia.

Traavik, seperti dilansir Newsinenglish, 20 Juni 2017, menjadi dubes setelah pemerintah Norwegia yang dikuasai Partai Buruh tertarik mendanai pelestarian hutan hujan tropis di Indonesia.

Ia lantas diminta "mengawal" program tersebut. Beberapa bulan kemudian, Traavik dan istrinya pindah ke Jakarta.

Setahun menjalani tugas, Traavik ternyata kepincut perempuan Indonesia. Berdasarkan laporan laman berita Norwegia, VG, Traavik mulai berselingkuh dengan seorang perempuan aktivis lembaga swadaya masyarakat (LSM) sejak tahun 2013.

Jalinan cinta itu terjalin ketika perempuan tersebut berhasil mendapatkan dana bantuan sekitar 1,5 Juta Krona (USD 179 ribu) atau setara Rp2,4 miliar dari kedutaan Traavik.

Uang itu diberikan Traavik melalui jalur resmi untuk mendanai sejumlah proyek kebudayaan perempuan selingkuhannya.

Dana pemerintah Norwegia yang dipakai Traavik untuk diberikan kepada perempuan simpanannya, semakin bertambah pada April 2013. Ketika itu, selingkuhannya menerima 550 ribu Krona atau setara Rp931 juta.

Seiring percintaan mereka yang semakin memabukkan, perempuan yang tak disebut namanya itu kembali mengajukan proposal pendanaan untuk LSM-nya.

Kali ini, proposal itu diajukan sang wanita untuk proyek promosi penulis Norwegia di Indonesia, yang terkenal karena interpretasi ketat terhadap Islam.

Masih menurut laporan VG, proposal perempuan itu diteruskan ke kementerian di Oslo oleh sekretaris pertama kedutaan Norwegia di Indonesia pada Januari 2014.

Dalam proposal itu, perempuan itu atas nama LSM-nya meminta 1,1 juta Krona untuk mendanai proyek tersebut.

Proposal itu ternyata tak disetujui oleh kementerian di Oslo karena melebihi plafon anggaran yang disetujui pemerintah. Apalagi, pemerintahan Norwegia saat itu sudah tak lagi dikuasai Partai Buruh, melainkan Partai Konservatif.

"Kementerian menolak proposal yang diteruskan oleh Kedubes Norwegia di Indonesia. Mereka mengatakan, dana proyek untuk memerangi kemiskinan di negara dunia ketiga tak bisa digunakan untuk proyek kebudayaan semacam itu," tulis VG.

Namun, berkat campur tangan Traavik, proposal itu akhirnya disetujui kementerian dengan memakai dana program bantuan pengentasan kemiskinan negara dunia ketiga.

Bahkan, dana yang disetujui oleh pemerintah Norwegia naik menjadi 1,38 juta Krone untuk program kebudayaan LSM perempuan itu selama dua tahun, yakni 2014-2015.

Tak hanya itu, Traavik juga membantu LSM perempuan selingkuhannya untuk mempromosikasn memeriahkan proyek kebudayaan tersebut.

Traavik disebut sempat menulis surat pribadi kepada  gubernur (Jakarta) agar bisa datang ke acara itu. Selain itu, Traavik juga diketahui merancang acara makan siang untuk mempromosikan proyek perempuan selingkuhannya tersebut pada pertengahan 2014.

Dalam acara itu, perempuan selingkuhannya hadir. Setelah makan siang, Traavik mengajukan klaim kuitansi biaya makan siang itu ke Kedubesnya.

Kisah percintaan terlarang nan mahal Traavik dengan perempuan aktivis LSM Indonesia itu tak berlangsung lama. Mereka putus hubungan tahun 2015.

Namun, Traavik tampak tergila-gila dengan perempuan Indonesia. Setelah putus dengan si aktivis, ia diketahui menjalin hubungan rahasia dengan dua perempuan pebisnis.

Kedua selingkuhannya itu sempat diundang Traavik datang ke acara kedutaan. Persisnya saat sejumlah menteri Norwegia datang berkunjung ke Indonesia.

Bahkan, salah satu selingkuhannya sempat diperkenalkan Traavik dan menjabat tangan Perdana Menteri Erna Solberg saat berada di Jakarta, April 2015.

Saat itu, Traavik memuji perusahaan tempat perempuan tersebut bekerja kepada sang PM. Dia mengakhiri hubungannya dengan gundik kedua di tahun 2015 juga, tapi kemudian memasuki tahun ketiga yang dimulai awal tahun lalu.

Perselingkuhan Traavik terbongkar setelah seorang pejabat Kementerian Luar Negeri Norwegia di Jakarta, Hilde Holbakken menerima sebuah surat elektronik (pos-el; email) dengan nama 'suami pekerja budaya' yang diklaim sebagai seorang diplomat.

Pos-el berisi informasi perselingkuhan Traavik tu dikirimkan ke Kedutaan Besar Norwedia dan seorang staf di Jakarta pada Mei 2016. Mereka lantas mencurigai ada konflik kepentingan Traavik selaku dubes dan indikasi korupsi. Ia lantas dicopot dan ditarik pulang ke  Norwegia.

Media Verdens Gang (VG) melasir bantahan selingkuhan Traavik, yang hanya diidentifikasi mereka sebagai pekerja budaya itu.

Perempuan itu mengangakui tidak memanfaatkan hubungannya dengan Traavik untuk mendapatkan dana hibah dari Norwegia.

"Saya sudah melakukan sesuatu yang salah, dan saya telah memikul tanggung jawab untuk itu. Namun presentasi VG tentang kasus ini salah. Tidak ada dana publik yang disalahgunakan, dan tidak ada yang mendapat keuntungan yang tidak adil," sanggahnya.

Traavik juga mengklaim pemberitaan VG hanya didasarkan pada pernyataan orang-orang yang ingin balas dendam.

Sementara media ecodaily mencatat, Norwegia memiliki sejarah panjang memberikan dana hibah kepada LSM-LSM lingkungan, salah satunya di Indonesia.

Sedangkan Traavik dikenal sebagai sosok yang dekat dengan elite politik di Indonesia. Media itu juga menyebut banyak pihak yang memanfaatkan bantuan finansial perselingkuhannya.


Tapi, hingga kekinian, pejabat Norwegia belum menemukan bukti adanya kesalahan Traavik dalam isu perselingkungan ini.


(TribunVideo.com)

COMMENTS

Nama

9 naga,1,Adu Panco,1,afi,20,agama,3,ahmad dhani,109,AHOK,456,AHY,44,alexis,3,AmienRais,21,Anies,118,antasari,2,Arcandra,1,Ari Wibowo,6,Ario,4,ario kiswinar,5,artikel,1,ayu tt,6,azizi travel,2,banjir jakarta,2,Berita,641,berita hiburan,5,berita unik,145,bom,10,Budayawan,1,Budi Gunawan,1,buni yani,28,bunuh diri,17,caisar,2,debat pilkada,6,deddy corbuzier,5,demo ahok,21,demo jokowi,2,demo kspi,8,demokrat,2,Djarot,4,DKI,56,DPR,3,Ekonomi,1,entertaiment,425,Fadli Zon,49,Fahri,44,first travel,56,fpi,391,freeport,2,FrontBetawi,3,geby,3,gerindra,10,gibran,18,Golkar,2,Habibrizieq,52,Habiburokhman,2,hari tanoe,1,hate speech,72,headline,1,hoax,3,Hukum,15,Ibu Eni,1,ILC,2,Indro Warkop,1,info sehat,2,infrastruktur,1,internasional,52,intoleransi,1,inul,4,Irmangusman,1,Islami,5,isu PKI,3,IwanFals,1,Jakmania,8,jogja,1,JOKOWI,239,jonru,67,jupe,15,jusuf kalla,5,kaesang,56,kahiyang,20,Kapolri,17,kasus ahok,16,kasus antasari,3,kasus buni yani,10,kasus dwi,4,kasus eggy sudjana,6,kasus ektp,12,kasus habib rizieq,173,kasus HT,12,kasus makar,20,kasus mirna,1,kasus pancasila,1,kasus reklamasi,2,kasus siti,3,kasus sumber waras,3,kecelakaan,14,kecelakaan kapal,2,Kemang,1,KIP,1,kisah,4,Kontroversi,20,kpk,29,kriminal,74,lion air,2,loker,1,Lulung,7,maia,12,Marioteguh,10,marissa,10,mbah mijan,1,menpora,2,menteri susi,14,mudik2017,3,MUI,14,nasdem,1,Nasib Guru,3,nasioanal,2,Nasional,872,nasional. pilgub dki,2,naso,1,news,143,nikita,7,NU,20,Nusronwahid,2,ojek online,1,olahraga,11,opick,6,pan,9,paradise papers,4,PDIP,20,pedofil,3,pembunuhan,2,Pilgub DKI,175,pilih,1,pilpres 2019,2,Pilpres 2019 Golkar,2,PKS,12,polisi,2,politik,1085,prabowo,4,PRESTASI AHOK,1,Ragam,43,raja arab,22,Ratna Sarumpaet,13,razman,5,ridwan kamil,12,rina,1,Risma,3,rohingya,5,rosita,13,Ruhut,4,Saipul Jamil,2,sam aliano,1,sandi,12,sandiaga,100,Sanusi,2,saracen,69,SBY,71,sejarah,3,sepak bola,7,setnov,23,sidang ahok,50,sri mulyani,2,Sumber waras,2,Susi,3,Syafi'i,1,Taufik,1,Tax amnesty,4,Teman Ahok,3,tips,8,Tito,2,TKW,1,TKW SRI,1,tren,1,trending topik,568,tv one,8,uang,1,Umum,1,Vaksin Palsu,4,Yusril,3,
ltr
item
Infoteratas: Ini Sosok 3 Wanita Indonesia yang Diduga Menjalin Cinta Terlarang dengan Eks Dubes Norwegia
Ini Sosok 3 Wanita Indonesia yang Diduga Menjalin Cinta Terlarang dengan Eks Dubes Norwegia
https://1.bp.blogspot.com/-gdaAaM64XQQ/WdMGIeRKw0I/AAAAAAAAOLA/4F7g05WEWeQkICjiPVBzwOGsWs85nijJQCLcBGAs/s1600/dubes.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-gdaAaM64XQQ/WdMGIeRKw0I/AAAAAAAAOLA/4F7g05WEWeQkICjiPVBzwOGsWs85nijJQCLcBGAs/s72-c/dubes.jpg
Infoteratas
http://www.infoteratas.com/2017/10/ini-sosok-3-wanita-indonesia-yang.html
http://www.infoteratas.com/
http://www.infoteratas.com/
http://www.infoteratas.com/2017/10/ini-sosok-3-wanita-indonesia-yang.html
true
4105805820566066428
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy