Geger Makam Mengeluarkan Cairan Mirip Darah dan Bau Menyengat, Ahli Ilmu Tanah Berikan Penjelasan Begini Sebenarnya!

Infoteratas.com - Mustahil sebuah makam bisa mengeluarkan cairan mirip darah. Tapi itulah yang terjadi di pemakaman daerah BDS II Kecamatan Balikpapan Selatan, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur.

Tak hanya mengeluarkan cairan mirip darah kental, lokasi di sekitar kuburan  juga tercium bau busuk dan amis persis aroma darah.

"Apalagi hutan di sekitarnya sudah habis, bau busuknya semakin cepat menyebar," ungkap Ruslan,  penjaga makam, dilansir bangkapos.com dari eberita.org.

Menurutnya, makam yang mengeluarkan cairan mirip darah itu merupakan makam seorang wanita yang meninggal pada bulan lalu.

Awalnya, kuburan wanita tadi mengeluarkan cairan warna kuning.
Namun semakin lama cairan itu semakin berubah menjadi warna merah hingga pada Jumat kemarin seorang pria berusia 40 meminta tolong kepada Ruslan untuk menutup lubang yang muncul di kuburan tersebut.

“Kebetulan saya lewat di situ dan melihat seorang lelaki, tapi dia mengaku bukan ahli keluarga (keluarga jenazah). Dia meminta kepada saya untuk menutup lubang yang mengeluarkan cairan busuk itu,” kata Ruslan.


“Saya tidak berani melakukan apa-apa kerana dia bukan ahli keluarga, jadi saya laporkan kejadian kepada ketua kampung," kata Ruslan.
Kejadian ini menarik perhatian warga. Mereka merekam dan menyebar videonya di media sosial.bangka.tribunnews.com

Penjelasan Ahli Ilmu Tanah soal Heboh Makam Berdarah di Balikpapan

Pakar ilmu tanah Universitas Hasanuddin, Rismaneswati, menjelaskan kabar soal makam mengeluarkan darah itu tidak benar. Dia mengatakan mungkin saja makam itu mengeluarkan air berwarna merah tapi bukan darah seperti yang dianggap orang.

"Tidak mungkin ada hal-hal seperti itu, orang meninggal saja darahnya tidak ada," ucap Risma saat diwawancara detikcom, Selasa (10/10/2017).

Risma mengatakan bisa jadi tanah di lokasi tersebut mengandung zat besi yang sangat tinggi. Dia mengatakan, jika mengandung zat besi tinggi, bisa jadi tanah itu mengeluarkan air berwarna merah.

"Mungkin warna kemerahan bisa berasal dari zat logam atau besi. Jadi tanah berwarna kemerahan itu karena kandungan besi cukup tinggi, maka ada proses pencucian dan air yang mengalir airnya berwarna merah," ucap Risma.

Dia juga menerangkan di dalam tanah banyak sekali unsur senyawa. Bukan hal aneh jika tanah mengeluarkan warna seperti merah atau kuning.

"Seperti tanah yang banyak kandungan sulfat atau belerang, itu kan bisa warnanya jadi kuning," tuturnya.

Hebohnya makam di Balikpapan tersebut membuat orang berdatangan. Dari sejumlah posting-an di media sosial, terlihat makam itu mengeluarkan cairan merah seperti darah. Jenazah yang berada di makam tersebut baru saja dimakamkan pada 15 September 2017. (detik.com/Tribunnews.com)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Geger Makam Mengeluarkan Cairan Mirip Darah dan Bau Menyengat, Ahli Ilmu Tanah Berikan Penjelasan Begini Sebenarnya!"

Posting Komentar