Ngenes! Ditargetkan 7 Juta Umat, ABU 96 Hanya Diikuti 150 Ribu Orang. Selanjutnya Ini Yang Terjadi!


Infoteratas.com - Massa Aksi Bela Ulama 96 masih berkumpul di halaman masjid Istiqlal, Jakarta Pusat. 

Sebagian peserta aksi memilih beristirahat di bawah pepohonan.

Pantauan detikcom, Jumat (9/6/2017) pukul 14.00 WIB, sebagian massa beristirahat di area taman masjid Istiqlal. 



Mereka beristirahat di atas alas yang dijual pedagang di lokasi.

Awalnya hampir seluruh massa aksi berdiri di sekitar mobil komando, namun secara perlahan peserta aksi mulai pindah ke area pepohonan. 

Sebagian mereka terlihat tidur di bawah pohon dan yang lain duduk sambil mendengar orasi.

Tak jauh dari titik itu, suara orasi dari mobil komando juga masih terdengar. Cuaca terik juga masih terasa di lokasi aksi.

Seperti diketahui, Aksi Bela Ulama ini dilakukan di halaman masjid Istiqlal. 

Pengurus Masjid Istiqlal tidak memberikan izin aksi di dalam masjid karena ada rangkaian acara yang tidak dapat diganggu.

Kapolsek Sawah Besar, Komisaris Polisi Ridwan R Soplanit menyebut hanya ada sekitar 100 sampai 150 orang massa aksi bela ulama 96 di Masjid Istiqlal hari ini, Jumat 9 Juni 2017. Ia menjelaskan yang dilakukan mereka bukanlah aksi seperti pada umumnya yang disertai orasi.

Menurut Ridwan, ratusan orang itu hanya berkumpul di salah satu lapangan parkir yang ada di kawasan Masjid Istiqlal untuk melakukan koordinasi antar mereka mendukung pimpinan Front Pembela Islam, Rizieq Shihab.

"Itu bukan aksi. Itu cuma konsolidasi saja. Mereka di lapangan parkiran. Mereka hanya menyerukan konsolidasi bahwa mereka akan ke Komnas HAM. Mereka akan mengumpulkan koin juga," tuturnya saat dikonfirmasi VIVA.co.id.

Ridwan menjelaskan bahwa mereka melakukan koordinasi di salah satu lapangan parkir karena Masjid Istiqlal sedang menggelar acara di sana, sehingga akhirnya mereka diarahkan ke salah satu lapangan parkir.

Kegiatan mereka sendiri dimulai selepas ibadah salat jumat dan rencananya akan diakhiri sekira pukul 18.00 WIB nanti dengan cara buka puasa bersama disana. "Konsolidasi untuk agenda mereka saja sampai nungguin buka puasa," ujarnya.

Seperti diketahui, beredar informasi di media sosial yang meminta agar ada pengerahan massa untuk melakukan aksi bela ulama yang dikriminalisasi.

Ketua Presidium Alumni 212, ID Sambo berencana mengadakan aksi bertajuk Bela Ulama 96 di Masjid Istiqlal dengan menggelar sholat tarawih terbesar sepanjang sejarah dengan mengerahkan 7 juta jamaah.

Tarawih On The Street tersebut akan dilakukan Masjid Istiqlal hingga jalanan sekitarnya. Dengan agenda tabligh akbar tokoh alumni 212, zikir dan doa untuk Habib Rizieq, tokoh ulama, aktivis, dan ormas HTI. 

(viva.co.id/detik.com)



Subscribe to receive free email updates: