Ketika Leonardo DiCaprio Memuji Menteri Susi....


Infoteratas.com - Aksi tegas Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti, dalam memberantas pencurian ikan yang merusak laut telah dikenal di dunia. Bahkan aktor terkenal Leonardo DiCaprio pun mengenal sosok menteri wanita, yang tak segan menenggelamkan kapal pelaku pencurian ikan, atau dikenal dengan istilah Illegal, Unreported, and Unregulated (IUU) Fishing.

Dalam acara World Oceans Day 2017 di kantor PBB, New York, yang diadakan Kamis lalu (8/6/2017), Susi dapat pujian dari Leonardo DiCaprio.

Acara World Oceans Day 2017 dihadiri banyak pembicara kelas dunia yang diundang PBB,seperti Fabien Cousteau (peneliti kelautan), Diego Luna (aktor dan pecinta laut) dan Leonardo DiCaprio (aktor dan UN Messenger for Peace), dan Sir Richard Branson (pengusaha/penjelajah dunia), dan lain-lain.

Leonardo memang tidak datang langsung di acara tersebut, namun videonya ditayangkan di acara itu.

Pada pidatonya sekitar 5 menit, Leonardo mengungkapkan pentingnya menjaga laut dan ekosistem di dalamnya. Laut ini sebagai pemasok makanan bagi manusia harus dijaga kelestariannya.

Di menit keempat, Leonardo menyinggung soal sepak terjang Susi menjaga laut Indonesia.

"Beberapa waktu lalu, sekitar 10.000 kapal secara ilegal masuk ke Indonesia dan mengambil ikan di perairan Indonesia. Ini membuat nelayan lokal terkena dampak buruknya," kata Leonardo.

"Namun Menteri Perikanan Susi melakukan usaha memberantas kegiatan ilegal itu, dan menjadi pemimpin ke era pengelolaan perikanan yang transparan," lanjut Leonardo.

Transparan yang dimaksud adalah, Susi memberikan data kapal (Vessel Marine System) di Indonesia agar bisa diakses oleh Global Fishing Watch. Sehingga kapal-kapal ikan bisa dilacak pergerakannya secara langsung. 

Global Fishing Watch ini aplikasi yang dikembangkan Google, dan salah satu penyandang dananya adalah yayasan milik Leonardo, dengan tujuan untuk menjaga kelestarian laut.

"Ini memperlihatkan seorang pemimpin yang berani dan inovatif yang dibutuhkan seluruh dunia," puji Leonardo yang juga merupakan penyeru kampanye damai PBB.

Menurut Leonardo, dunia harus mengambil tindakan cepat menyelamatkan ekosistem dan spesies di laut.

Susi sendiri dalam Konferensi Perikanan PBB (UN Ocean Conference) yang berbarengan dengan World Ocean Day 2017, selalu menyerukan perlu tindakan tegas memberantas pencurian ikan atau IUU Fishing. Bahkan Susi menginginkan agar IUU Fishing masuk dalam kejahatan maritim terorganisir antar negara.(detikfinance)



Subscribe to receive free email updates: