Duh, Orang Ini Tuding Afi Lakukan Plagiarisme, Tapi Postingannya Mendadak Dihapus. Fakta Ini Mengejutkan!


Infoteratas.com - Asa Firda Inayah atau lebih beken dengan nama akun Facebook miliknya, Afi Nihaya Faradisa, membuat kegemparan di Indonesia dalam waktu beberapa pekan terakhir.

Itu setelah tulisannya di wall Facebook miliknya berjudul “Warisan” viral, karena dianggap membela nilai-nilai toleransi antarumat beragama—yang pada momen ini—tergerus oleh aksi-aksi intoleran.

Berkat serial tulisannya di media sosial, Afi kekinian menjadi terkenal. Ia kerapkali diundang memberikan orasi kebudayaan, diskusi off air, dialog di stasiun televisi, dan diundang banyak para pembesar negara.

Namun, termutakhir, kehebohan warganet mengenai Afi justru karena ada dugaan dirinya melakukan plagiarisme alias menjiplak tulisan orang lain.

Tuduhan tersebut, persisnya dialamatkan untuk tulisan Afi yang berjudul ”Belas Kasih Dalam Agama Kita”, yang dipublikasikan memakai namanya di Facebook, Minggu (25/5/2017) akhir pekan lalu.


Tulisan yang dibubuhi tanda hak paten (copyright) Afi Nihaya Faradisa tersebut, dianggap tidak asli karya tangan gadis yang baru lulus SMA tersebut.


Pasalnya, terdapat banyak paragraf yang sama dengan tulisan berjudul ”Agama Kasih” karya Mita Handayani,  yang lebih dulu memublikasikan karyanya, yakni 30 Juni 2016.

Adalah Pringadi Abdi Surya, pegiat sastra sekaligus bloger, yang kali pertama secara serius mengangkat persoalan plagiarisme Afi ini.

Pembahasan persoalan tersebut, tertuang dalam tulisannya berjudul "Drama 'Dugaan' Plagiarisme Afi Nihaya Fardisa" yang dipublikasikan melalui blog Kompasiana, Rabu (31/5/2017).


"Tulisan Afi mengenai belas kasih ini bisa dibilang sama persis dengan tulisan Mita Handayani yang diunggah ke Facebook pada 30 Juni 2016. Bahkan, status-status Afi yang lain, seperti soal warisan, ditengarai memiliki ruh yang sama dengan narasi sebuah video viral yang juga diterjemahkan oleh Mita," tulis Pringadi.


Merujuk opini tersebut, Infoteratas.com lantas melakukan penelusuran. Namun sayangnya pagi ini akun facebok Afi Nihaya Faradisa tidak bisa diakses. Dan suatu kebetulan juga status Mita Handayani tersebut sudah dihapus.
Wah.........ini tambah menjadi aneh. Karena ketika itu benar-benar tulisan Mita Handayani mengapa harus menghapusnya stelah sejumlah netizen mempertanyakan soal jam posting yang tidak terlihat.











Tidak heran juga ketika tulisannya diklaim diplagiat oleh  Afi Nihaya Faradisa walau  kemudian dihapus. Mengapa?Jadi apa benar itu tulisan Ali Mita Hnadayani, mungkin hanya Mita  Handayani dan Tuhan yang tahu.



Subscribe to receive free email updates: