Dirut PLN Akan Memperkarakan Akun Penyebar Fitnah TDL Naik


Infoteratas.com - Direktur Utama Perusahaan Listrik Negara ( PLN) Sofyan Basir menilai, isu kenaikan tarif dasar listrik ( TDL) sengaja dimunculkan untuk menyudutkan pemerintah.

Pernyataan itu menyusul ramainya media sosial soal isu kenaikan TDL.

"Kenaikan tarif dasar listrik itu hanya isu. Mohon maaf, itu lebih ke arah mendiskreditkan PLN atau pemerintah," ujar Sofyan, di Kompleks Istana Presiden, Rabu (14/6/2017).

Ia menegaskan, PLN tak menaikkan TDL. Jika memang ada kenaikan, tidak diputuskan sepihak oleh PLN, melainkan keputusan pemerintah dan seizin DPR RI.

"Saya heran ini listrik naik memangnya yang menaikan listrik, medsos? Baik PLN maupun Pemerintah tidak bisa menaikan listrik tanpa persetujuan DPR. Yang terjadi adalah kami mencabut subsidi listrik dari masyarakat yang tergolong mampu dialihkan ke masyarakat tidak mampu karena selama ini masyarakat mampu menikmati subsidi,"

Mengenai naiknya harga listrik yang dirasakan sebagian konsumen, hal itu karena konsumen tersebut tergolong ekonomi menengah yang selama ini ternyata menerima subsidi listrik yang seharusnya diberikan kepada rakyat kecil.

"Pada saatnya nanti akan kami bawa ke ranah hukum. Tapi nantinya kami akan minta bantuan aparat hukum untuk meneliti ini. Karena kami duga terdapat unsur kesengajaan, ."ujar Sofyan.(kompas.com)










Subscribe to receive free email updates: