Afi Dituding Plagiat Tulisannya, Ini Reaksi Mengejutkan Mita Handayani

Infoteratas.com - Remaja asal Banyuwangi, Jawa Timur, Asa Firda Inayah alias Afi dituding melakukan plagiarisme melalui tulisannya yang d...


Infoteratas.com - Remaja asal Banyuwangi, Jawa Timur, Asa Firda Inayah alias Afi dituding melakukan plagiarisme melalui tulisannya yang diunggah ke jejaring sosial Facebook.

Diunggah ke akun Facebook miliknya, Afi Nihaya Faradisa, tulisan berjudul 'Belas Kasih Dalam Agama Kita' itu dinilai mengutip tulisan Mita Handayani, yang disebut telah menulis pada 30 Juni 2016.

Terkait tudingan tersebut, Afi pun membantah dengan tegas saat ditemui Bayu Sutiyono dari KOMPAS TV di Gedung Pancasila, Kementerian Luar Negeri, Jakarta Pusat, Kamis (1/6/2017).

Dia pun menjawab dengan cepat dan singkat, "tidak", saat ditanyakan terkait dugaan tersebut.

Afi mengaku belum mengetahui tuduhan plagiarisme yang ditujukan kepadanya. Dia mengatakan belum membuka media sosial.
"Saya tidak tahu, saya belum banyak bukan sosmed," ucapnya.

Namun, kata dia, dia sudah banyak menulis dan tulisannya banyak yang di-copy orang.
"Saya memang menulis di akun-akun lama, dari tahun 2012 dan beberapa tulisan di akun Afi tulisan lama. Akun lama Afi sudah di-take down," kata Afi.

Ketika Bayu membacakan bahwa tulisan Afi mengenai "Belas Kasih Dalam Agama Kita" itu disebut mengutip tulisan Mita Handayani, yang disebut telah menulis pada 30 Juni 2016, dia menjawab tegas.

"Mita Handayani, minta konfirmasi aja sama akun Mita Handayani," kata Afi.

Dan, melalui akun Facebook miliknya, Mita Handayani pun menuliskan status yang merupakan klarifikasi terkait tudingan plagiarisme yang ditujukan untuk Afi.
Dalam klarifikasinya, tak disangka Mita membela sosok Afi, bahkan memujinya sebagai seorang anak yang cerdas.

Bukan cuma itu, Mita Handayani pun meminta publik yang selama ini merisak Afi untuk memaafkannya jika memang terbukti melakukan plagiarisme.

"Aku pernah salah. Kamu pernah salah. Kita semua pernah salah. Jika usaha Afi kali ini dianggap kesalahan, aku mohon dimaafkan... Afi merasa harus berbuat sesuatu, dan jika itu salah, mohon dimaafkan," tulis Mita Handayani.

Berikut tulisan klarifikasi Mita seperti dilansir TRIBUNNEWS dari akun Facebook miliknya:


Jadi gini..

Betul. Aku pernah menulis sebuah catatan ringan pada Ramadan tahun lalu yang berjudul "Agama Kasih", yang screenshot-nya beredar saat ini.

Tulisan itu masih serangkai dengan "Lampu Sang Khalifah" yang juga tayang di tanggal yang sama.

Keduanya aku tulis untuk meramaikan momen Ramadan saat itu, dan sebenarnya justru lebih ditujukan kepada segmen pembaca anti Islam agar bisa mengapresiasi sisi lain Islam yang mungkin jarang mereka dengar.


Bahwa Islam tidak monolitik, bahwa Islam juga terdiri dari kutub-kutub tafsir yang saling berkompetisi. Dan bahwa sebagian kutub itu juga menyajikan wajah Islam yang sejuk.


Sejak dulu, tulisanku sudah biasa disalin, diproduksi ulang, dan disebar orang lain di grup dan tempat-tempat yang kadang aku sendiri tidak tahu.


Aku tidak pernah ambil pusing soal itu. Menulis bagiku adalah soal lain. Meminjam istilah Pram: bekerja untuk keabadian. Dan dalam konteks ini, bukan nama yang ingin kuabadikan.


Aku tidak pernah mengenal dan berkomunikasi dengan Afi Nihaya Faradisa sebelum ramai-ramai ini. Kalau Afi merasa terinspirasi oleh salah satu tulisanku, aku ikut merasa senang.

Afi anak yang cerdas, dan aku sudah sering melihat tulisannya bertebaran juga sebelum ini.

Kalau ada kesalahan fatal yang Afi lakukan, itu adalah karena belakangan ini dia mulai berani menyentuh isu agama, sehingga mengundang gelombang pembenci baru yang siap mencari-cari dan menguliti semua kesalahannya yang lain.


Terkait tulisan yang ramai diperbincangkan, yang bisa kukatakan adalah, tulisan itu mungkin berangkat dari keprihatinan Afi terkait aksi Bom Kampung Melayu sebelumnya.


Tulisan itu ditayangkan Afi dalam niat untuk membela nama agamanya dari tuduhan terorisme dan kebencian.


Dia merasa perlu segera menanggapi, dan mungkin berpikir bahwa tulisan itu adalah respons yang tepat.


Aku pernah salah. Kamu pernah salah. Kita semua pernah salah. Jika usaha Afi kali ini dianggap kesalahan, aku mohon dimaafkan.

Mungkin kita yang terlalu membebaninya, sehingga Afi merasa memiliki tugas moral untuk terus menginspirasi pembacanya, terutama di waktu-waktu genting ketika justru yang lebih tua tak bisa diandalkan untuk menyejukkan keadaan. Afi merasa harus berbuat sesuatu, dan jika itu salah, mohon dimaafkan.

AKu pernah salah. Kamu pernah salah. Kita semua pernah salah. Tak apa-apa, sayang.. matahari masih terbit esok hari. Kamu akan terbang lebih tinggi lagi, dengan sayap yang lebih kuat lagi, dan pengalaman hidup yang lebih kaya lagi dari kebanyakan manusia.


PS: Oh iya, soal referensi lalat yang dipermasalahkan. Betul itu salah referensi, thanks ya koreksinya. Yang betul adalah dari Kitab Fayd Al-Qadir karya Imam Al-Munawi.(Tribunnews.com)


COMMENTS

Nama

9 naga,1,Adu Panco,1,afi,19,agama,3,ahmad dhani,93,AHOK,440,AHY,43,AmienRais,15,Anies,71,antasari,2,Arcandra,1,Ari Wibowo,5,Ario,4,ario kiswinar,5,artikel,1,ayu tt,5,banjir jakarta,2,Berita,408,berita hiburan,5,berita unik,134,bom,10,Budayawan,1,Budi Gunawan,1,buni yani,20,bunuh diri,13,debat pilkada,6,deddy corbuzier,5,demo ahok,21,demo kspi,5,demokrat,2,Djarot,4,DKI,1,DPR,3,Ekonomi,1,entertaiment,182,Fadli Zon,34,Fahri,33,first travel,14,fpi,354,freeport,1,FrontBetawi,3,geby,3,gerindra,6,gibran,7,Golkar,2,Habibrizieq,48,Habiburokhman,2,hari tanoe,1,hate speech,42,headline,1,hoax,3,Hukum,15,Ibu Eni,1,Indro Warkop,1,info sehat,1,internasional,32,intoleransi,1,inul,3,Irmangusman,1,Islami,4,IwanFals,1,Jakmania,8,jogja,1,JOKOWI,190,jonru,14,jupe,15,jusuf kalla,5,kaesang,42,kahiyang,2,Kapolri,16,kasus ahok,16,kasus antasari,3,kasus buni yani,5,kasus dwi,4,kasus ektp,9,kasus habib rizieq,165,kasus HT,12,kasus makar,20,kasus mirna,1,kasus pancasila,1,kasus reklamasi,1,kasus siti,3,kasus sumber waras,3,kecelakaan,8,kecelakaan kapal,1,Kemang,1,KIP,1,kisah,2,Kontroversi,20,kpk,21,kriminal,44,lion air,2,Lulung,6,maia,10,Marioteguh,10,marissa,10,mbah mijan,1,menpora,1,menteri susi,11,mudik2017,3,MUI,13,nasdem,1,Nasib Guru,3,nasioanal,1,Nasional,837,nasional. pilgub dki,2,naso,1,news,143,NU,17,Nusronwahid,2,olahraga,3,pan,7,PDIP,20,Pilgub DKI,175,pilih,1,pilpres 2019,1,Pilpres 2019 Golkar,2,PKS,9,politik,857,prabowo,2,PRESTASI AHOK,1,Ragam,43,raja arab,22,Ratna Sarumpaet,13,razman,5,ridwan kamil,11,rina,1,Risma,3,rosita,13,Ruhut,4,Saipul Jamil,2,sandi,4,sandiaga,69,Sanusi,2,SBY,69,sepak bola,2,setnov,1,sidang ahok,50,sri mulyani,1,Sumber waras,2,Susi,3,Syafi'i,1,Taufik,1,Tax amnesty,4,Teman Ahok,3,tips,1,Tito,2,TKW SRI,1,trending topik,135,uang,1,Umum,1,Vaksin Palsu,3,Yusril,3,
ltr
item
Infoteratas: Afi Dituding Plagiat Tulisannya, Ini Reaksi Mengejutkan Mita Handayani
Afi Dituding Plagiat Tulisannya, Ini Reaksi Mengejutkan Mita Handayani
https://4.bp.blogspot.com/-WKLbNeOF-64/WTDXTi5gZJI/AAAAAAAAHz4/R2tuC95PM8AEZOxex5Snz59c4iZ6PiEpgCLcB/s1600/afi%2Bnihaya.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-WKLbNeOF-64/WTDXTi5gZJI/AAAAAAAAHz4/R2tuC95PM8AEZOxex5Snz59c4iZ6PiEpgCLcB/s72-c/afi%2Bnihaya.jpg
Infoteratas
http://www.infoteratas.com/2017/06/afi-dituding-plagiat-tulisannya-ini.html
http://www.infoteratas.com/
http://www.infoteratas.com/
http://www.infoteratas.com/2017/06/afi-dituding-plagiat-tulisannya-ini.html
true
4105805820566066428
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy