Warganet Heran, Bom Kampung Melayu Diberitakan BBC Sehari Sebelumnya. Jangan Bikin Fitnah! Ini Faktanya


Infoteratas.com - Dua ledakan bom berturut-turut terjadi pada sekitar pukul 21.00 WIB, Rabu (24/5) di Stasiun Kampung Melayu Jakarta Timur.

Akibat peristiwa itu lima orang tewas dan 10 lainnya luka-luka. Tiga orang tewas dalam kejadian itu adalah anggota kepolisian, sementara dua lainnya diduga pelaku.

Media Tarbiyah.net mengatakan ada yang aneh dengan pemberitaan BBC Indonesia tentang kejadian tersebut. Ia mengklaim saat dilakukan pencarian di Google dengan judul “Bom Kampung Melayu” maka akan ditemukan kejadian itu terjadi sehari yang lalu, yang kemudian membuat warganet bertanya-tanya. 

Ia sebut, warganet terheran-heran hingga mencurigai bahwa ada konspirasi. Berita sudah disiapkan sebelum terjadinya ledakan Bom Kampung Melayu.


Lalu bagaimana faktanya?

Coba simak link diatas, apda pencarian google tertulis 3 hari lalu tetapi ketika di klik:

http://www.bbc.com/indonesia/indonesia-40035376

terbitnya tanggal 25 Mei jadi baru kemarin. Sementara tanggal publikasi sebuah artikel itu bersifat otomatis dan tidak bisa dirubah kecuali dipublish ulang.


Hal seperti diatas banyak terjadi bahkan sering dan itu dikarenakan selisih waktu yang terbaca di hasil pencarian Google hingga berjam-jam lebih awal, dimungkinkan karena perbedaan setting zona waktu. Agaknya BBC Indonesia tidak mensetting zona waktu GMT+7:00.
Namun ketika di klik beritanya tentu saja berbeda dengan hasil pencarian Google.


Infoteratas.com





Subscribe to receive free email updates: