Terungkap! DPR Meloloskan Ketua FPI Jawa Tengah Sebagai Komisioner HAM PERIODE 2017 - 2022.


Infoteratas.com -  Koalisi Masyarakat Sipil Selamatkan Komnas HAM mendesak kualitas proses rekrutmen anggota baru Komnas HAM Periode 2017-2022 diperbaiki. Koalisi menilai kinerja anggota Komnas HAM 2012-2017 kurang memuaskan sehingga perlu dibenahi oleh para anggota baru di periode selanjutnya. 

Ketua Yayasan Lembaga Bantuan Hukum (YLBHI) Asfinawati, yang tergabung di koalisi itu, menyatakan merosotnya kualitas kinerja Komnas HAM periode 2012-2017 berdampak buruk terhadap kepercayaan publik ke lembaga ini.

"Kehawatiran kami kalau ini diteruskan maka masyarakat akan merasa tidak memerlukan Komnas HAM, padahal menurut kami justru hal itu yang diharapkan para pelanggar HAM,” kata Asfinawati di kantor YLBHI Jakarta pada Minggu (14/5/2017).

Asfinawati menilai kinerja anggota-anggota Komnas HAM sangat menentukan kualitas lembaga ini sehingga proses rekrutmen harus betul-betul di awasi. 

“Pelanggaran HAM kini juga lebih rumit sebab menggunakan tangan-tangan masyarakat, seolah-olah konflik horizontal, tapi ternyata bukan," kata dia mencontohkan salah satu tantangan Komnas HAM di masa mendatang.

Menurut dia, proses rekrutmen anggota Komnas HAM perlu memperhatikan rekam jejak calon, pemahaman calon anggota pada isu HAM dan kualitas strategi mereka dalam menuntaskan kasus-kasus pelanggaran HAM. 

Asfinawati mencontohkan kinerja buruk para anggota Komnas HAM periode terakhir yang tak boleh diulang lagi ialah mandegnya penyelidikan pelanggaran-pelanggaran HAM yang terjadi pada masa awal reformasi. 

Sebelumnya telah disepakati bahwa komisioner Komnas HAM akan berjumlah tujuh orang untuk periode 2017-2022.

Jumlah ini lebih sedikit jika dibandingkan dengan jumlah komisioner Komnas HAM 2012-2017 sebanyak 13 orang.

Dan sampai detik ini sudah melewati seleksi tahap pertama. Lebih mengejutkan dari sekian nama yang lolos seleksi tahap pertama, ada nama Ketua Advokasi Hukum FPI cabang Jawa Tengah dan Ketua DPP FPI cabang Semarang,  Zaenal Abidin Petir dengan nomor reg  054/Reg-Pansel/II/2017 . 


Data nama yang lolos bisa lihat lebih lengkap disini: http://pansel.komnasham.go.id/index.php/app/tahap_1

Semua orang berhak mengajukan diri menjadi komisioner HAM. Tapi apakah mungkin selaku komisioner HAM nanti Zaenal Abidin Petir  akan netral dan tidak memihak kepada FPI apabila dikemudian hari FPI melakukan pelanggaran HAM dengan semena-mena melakukan aksi-aksi sweeping dan aksi-aksi intoleransi lainnya?

Bagaimana menurut anda?

Infoteratas.com





Subscribe to receive free email updates: