Didemo massa, Ini surat buat Wakil Rektor Universitas Oxford yang bikin Jusuf Kalla 'Mati Kutu' di London

Infoteratas.com - Wakil Presiden Jusuf Kalla telah memberikan kuliah umum bertema Islam toleran di Indonesia di Pusat Studi Kajian Agama ...


Infoteratas.com - Wakil Presiden Jusuf Kalla telah memberikan kuliah umum bertema Islam toleran di Indonesia di Pusat Studi Kajian Agama Islam Universitas Oxford, Inggris, pada Kamis malam (18/5/2017).

Kalla menuturkan di hadapan ratusan peserta kuliah umum bahwa dasar negara Indonesia adalah Pancasila, yang menempatkan Ketuhanan Yang Maha Esa sebagai sila pertama.

"Sekalipun Indonesia 88 persen penduduknya adalah Muslim, Indonesia bukanlah negara Islam," kata Kalla, seperti dilaporkan Antara yang dilansir Suara.com, Jumat (19/5/2017.

Wapres menjelaskan agama Islam datang ke Indonesia dengan penuh kedamaian melalui imam sufi, lewat perdagangan dan bukan dengan paksaan maupun perang.

"Oleh karena itu, Islam di Indonesia berkembang dengan kedamaian, yang pada abad ke-delapan dan sembilan dibawa oleh imam sufi dan pedagang Arab untuk menyatu dengan kebudayaan dan kearifan lokal di Tanah Air. Sehingga, kemudian Islam ini menjadi suatu Islam Jalan Tengah atau Wasatiyah," jelasnya.

Kuliah umum Wapres Jusuf Kalla dihadiri oleh pelajar Indonesia dan pelajar asing yang tertarik mendalami ilmu mengenai agama Islam di Pusat Kajian Islam Oxford atau Oxford Centre for Islamic Studies (OSIC).

Sebelum digelar acara, kehadiran Jusuf Kalla diprotes salah satunya oleh Mariella, warga keturunan Indonesia di Inggris.

Mariella mengirim surat ke Wakil Rektor Universitas Oxford. Dalam suratnya yang diterbitkan oleh anglicanmainstream.com, Mariella menyinggung soal Kalla yang diduga terlibat dalam konspirasi memenjarakan Ahok.

Surat itu juga mengatakan bahwa masyarakat Indonesia di Inggris, termasuk mereka yang belajar di Universitas Oxford, terperanjat dan kecewa karena mengetahui undangan untuk Wakil Presiden Indonesia, Bapak Jusuf Kalla, untuk memberikan ceramah berjudul "Pengalaman Islam Moderat di Indonesia", pada hari Kamis.

Menurutnya, Kalla dikenal secara luas sebagai pendukung Islam tidak toleran. Dia menulis peristiwa masa lalu, saat tahun 1968 di mana Kalla menjadi pemimpin HMI (Himpunan Mahasiswa Islam) Makassar.

Mariella menulis bahwa Kalla melakukan tuduhan penghujatan kepada seorang Katolik  dan Kalla tercatat telah "menginstruksikan semua anggota HMI dan organisasi Muslim lainnya untuk datang ke masjid terdekat, jam 8 malam."

"Setelah salat malam (Isya), orang-orang Muslim mulai menyerang bangunan-bangunan Kristen, dan pengeras suara dari masjid meneriakkan 'Allahu akbar, membela agama Anda, menjadi martir!" Bangunan-bangunan Kristen yang diserang dalam insiden tersebut adalah 9 gereja protestan, 4 gereja Katolik, 1 asrama biarawati, 1 Akademi Teologi, 1 kantor organisasi pelajar Katolik, dan 2 sekolah Katolik," tulis dia.

Mariella kemudian menulis, "Undangan Kalla jadi pembicara semakin tidak sensitif karena datang setelah gubernur Kristen Jakarta yang sangat populer, yang dikenal sebagai Ahok, telah kehilangan pemilihannya kembali secara murni karena organisasi Muslim diwakili/didukung oleh orang-orang yang dekat dengan Kalla telah dengan sengaja menghasut kebencian religius, mendesak orang untuk turun ke jalan untuk mengingatkan mereka bahwa menurut Alquran, umat Islam tidak diperbolehkan menunjuk seorang non-Muslim untuk berada dalam posisi kepemimpinan."


Surat juga menulis jika bahwa berisiko menganugerahkan kepada Kalla kredibilitas yang tak pantas baginya.

Ini isi surat yang dikirim ke Wakil Rektor Universitas Oxford:

Kepada Wakil Rektor yang terhormat,

Banyak dari kita, masyarakat Indonesia di Inggris, termasuk mereka yang belajar di Universitas Oxford, terperanjat dan kecewa karena mengetahui undangan untuk Wakil Presiden Indonesia, Bapak Jusuf Kalla, untuk memberikan ceramah berjudul ‘Islam Moderat: Pengalaman di Indonesia’ di Pusat Studi Islam Oxford, Kamis ini.

Kalla dikenal secara luas sebagai pendukung Islam yang tidak toleran. Misalnya, pada tahun 1968 sebagai pemimpin HMI (Himpunan Mahasiswa Islam) Makassar, atas tuduhan penghujatan oleh seorang Katolik, Kalla tercatat telah “menginstruksikan semua anggota HMI dan organisasi Muslim lainnya untuk datang ke masjid terdekat. Jam 8 malam Setelah shalat malam (‘ishā’), orang-orang Muslim mulai menyerang bangunan-bangunan Kristen, dan para pembicara keras dari masjid meneriakkan “Allahu Akbar, membela agama Anda, menjadi martir!”

Bangunan-bangunan Kristen yang diserang dalam insiden tersebut adalah 9 Gereja-gereja Protestan, 4 gereja Katolik, 1 asrama biarawati, 1 Akademi Teologi, 1 kantor organisasi pelajar Katolik, dan 2 sekolah Katolik. Sumber: https://openaccess.leidenuniv.nl/bitstream/handle/1887/10061/Dissertation%20Mujiburrahman.pdf

Undangan ini semakin tidak sensitif, pada saat gubernur Kristen Jakarta, yang dikenal sebagai Ahok, kalah dari Pilkada karena isu Agama yang dipolitisasi dan didukung Jusuf Kalla, mendesak orang untuk turun ke jalan untuk mengingatkan mereka bahwa menurut Alquran, umat Islam tidak diperbolehkan menunjuk seorang non-Muslim untuk berada dalam posisi kepemimpinan. Padahal tafsir ayat Al Quran tidak ada yang membahas tentang boleh atau tidaknya seorang Gubernur beda Agama, sebagai berikut.

Mereka telah mengutip ayat tersebut, Al Maida 51, yang mengatakan:

“Hai orang-orang yang percaya, janganlah orang Yahudi dan orang-orang Kristen menjadi afiliasi. Mereka adalah [satu fakta] sekutu satu sama lain. Dan barangsiapa adalah sekutu bagi mereka di antara kamu – maka sungguh, dia adalah satu dari mereka. Sesungguhnya, Allah tidak menuntun orang-orang yang melakukan kesalahan. “(Tafsir Sahih Internasional)

“Hai orang-orang yang beriman! Jangan mengambil orang-orang Yahudi dan Kristen untuk berteman. Mereka berteman satu sama lain. Di antara kamu yang membawa mereka untuk teman adalah (satu) dari mereka. Allah tidak memberi petunjuk kepada orang-orang yang zalim. “(Tafsir yang mereka pakai) Sumber: http://corpus.quran.com/translation.jsp?chapter=5&verse=51

Sementara saat masih menjabat gubernur, Ahok diseret ke pengadilan karena pada satu kesempatan mengutip ayat Al-Qur’an yang disebutkan di atas, Ahok mengingatkan pada konstituen untuk jangan terpengaruh politisi busuk yang menggunakan ayat Al Quran untuk mempolitisir pemilihan kepala daerah, karena hal itu pasti terjadi untuk mengalahkan Ahok dengan cara yang tidak fair.

Hal ini membuat marah orang-orang radikal yang menuduhnya menghujat. Pengadilan memvonisnya dua tahun penjara, menurut standar hukum Indonesia. Hal ini lagi menyebabkan kecaman internasional. Sementara itu, meski memiliki kewajiban untuk tetap netral, Kalla telah secara aktif mendukung kandidat alternatif, seorang Islamis, yang telah banyak dikritiknya.

Indonesia hampir kehilangan kepercayaan terhadap intoleransi agama, dan platform yang diberikan untuk Jusuf Kalla saat ini adalah TERJADI DISKRIMINASI kepada banyak orang Indonesia dan berisiko menjatuhkan kredibilitas yang tidak pantas baginya.

Kami berharap bahwa ketika Jusuf Kalla berbicara pada kesempatan ini, para penonton akan melihat apa yang dia katakan dengan skeptisis dan membeberkan poin yang diuraikan di atas.

Bersyukur jika Bapak Wakil Rektor akan mengkonfirmasi penerimaan email ini.

Salam sejahtera,

MD

Suara.com/Infoteratas.com

COMMENTS

Nama

9 naga,1,Adu Panco,1,afi,20,agama,3,ahmad dhani,105,AHOK,454,AHY,44,alexis,3,AmienRais,19,Anies,111,antasari,2,Arcandra,1,Ari Wibowo,5,Ario,4,ario kiswinar,5,artikel,1,ayu tt,6,azizi travel,2,banjir jakarta,2,Berita,639,berita hiburan,5,berita unik,145,bom,10,Budayawan,1,Budi Gunawan,1,buni yani,27,bunuh diri,17,caisar,2,debat pilkada,6,deddy corbuzier,5,demo ahok,21,demo jokowi,2,demo kspi,8,demokrat,2,Djarot,4,DKI,8,DPR,3,Ekonomi,1,entertaiment,347,Fadli Zon,46,Fahri,42,first travel,56,fpi,378,freeport,2,FrontBetawi,3,geby,3,gerindra,10,gibran,16,Golkar,2,Habibrizieq,52,Habiburokhman,2,hari tanoe,1,hate speech,70,headline,1,hoax,3,Hukum,15,Ibu Eni,1,Indro Warkop,1,info sehat,1,infrastruktur,1,internasional,45,intoleransi,1,inul,4,Irmangusman,1,Islami,5,isu PKI,3,IwanFals,1,Jakmania,8,jogja,1,JOKOWI,231,jonru,67,jupe,15,jusuf kalla,5,kaesang,52,kahiyang,17,Kapolri,17,kasus ahok,16,kasus antasari,3,kasus buni yani,10,kasus dwi,4,kasus eggy sudjana,6,kasus ektp,12,kasus habib rizieq,173,kasus HT,12,kasus makar,20,kasus mirna,1,kasus pancasila,1,kasus reklamasi,2,kasus siti,3,kasus sumber waras,3,kecelakaan,14,kecelakaan kapal,2,Kemang,1,KIP,1,kisah,4,Kontroversi,20,kpk,29,kriminal,74,lion air,2,loker,1,Lulung,7,maia,11,Marioteguh,10,marissa,10,mbah mijan,1,menpora,2,menteri susi,13,mudik2017,3,MUI,14,nasdem,1,Nasib Guru,3,nasioanal,2,Nasional,867,nasional. pilgub dki,2,naso,1,news,143,nikita,6,NU,20,Nusronwahid,2,ojek online,1,olahraga,10,opick,6,pan,9,paradise papers,4,PDIP,20,pedofil,3,pembunuhan,2,Pilgub DKI,175,pilih,1,pilpres 2019,2,Pilpres 2019 Golkar,2,PKS,12,polisi,2,politik,1035,prabowo,4,PRESTASI AHOK,1,Ragam,43,raja arab,22,Ratna Sarumpaet,13,razman,5,ridwan kamil,12,rina,1,Risma,3,rohingya,5,rosita,13,Ruhut,4,Saipul Jamil,2,sam aliano,1,sandi,12,sandiaga,91,Sanusi,2,saracen,68,SBY,71,sejarah,3,sepak bola,7,setnov,23,sidang ahok,50,sri mulyani,2,Sumber waras,2,Susi,3,Syafi'i,1,Taufik,1,Tax amnesty,4,Teman Ahok,3,tips,6,Tito,2,TKW,1,TKW SRI,1,tren,1,trending topik,409,tv one,8,uang,1,Umum,1,Vaksin Palsu,4,Yusril,3,
ltr
item
Infoteratas: Didemo massa, Ini surat buat Wakil Rektor Universitas Oxford yang bikin Jusuf Kalla 'Mati Kutu' di London
Didemo massa, Ini surat buat Wakil Rektor Universitas Oxford yang bikin Jusuf Kalla 'Mati Kutu' di London
https://2.bp.blogspot.com/-_M1xJzDyWFw/WR5RepCdZvI/AAAAAAAAHHM/1NO1FR0y_Q8a30ICgPyYJICbE3ovdAZbACLcB/s1600/jusuf2.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-_M1xJzDyWFw/WR5RepCdZvI/AAAAAAAAHHM/1NO1FR0y_Q8a30ICgPyYJICbE3ovdAZbACLcB/s72-c/jusuf2.jpg
Infoteratas
http://www.infoteratas.com/2017/05/didemo-massa-ini-surat-buat-wakil.html
http://www.infoteratas.com/
http://www.infoteratas.com/
http://www.infoteratas.com/2017/05/didemo-massa-ini-surat-buat-wakil.html
true
4105805820566066428
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy