Buntut dari ribut sesama Admin akun IG Lambe Turah, Kitabisa.com sebut Fortuner dibeli dari donasi ke rekening Cak Budi


Infoteratas.com - Media sosial ramai membicarakan sosok Cak Budi dan istrinya Lina. Pemilik akun cakbudi_ yang dikenal sebagai penggerak kegiatan sosial bagi orang tak mampu ini disebut telah menyalahgunakan bantuan donasi yang masuk.

Selama ini, masyarakat yang ingin membantu dipersilakan mengirimkan bantuan ke rekening pribadinya. Atau, lewat akun kitabisa.com. Sejak gerakan ini dia buat, donasi yang terkumpul nilainya mencapai Rp 1 miliar.

Cak Budi disebut-sebut membeli mobil Fortuner dan ponsel iPhone7 dari uang donasi tersebut. Cak Budi sudah mengakui membeli barang-barang itu dari donasi. Namun dia berdalih barang itu harus dibeli untuk mempermudah kegiatan sosial yang dia lakukan.

"Tidak untuk urusan pribadi. Saya dan istri memiliki mobil jenis Innova yang kami gunakan untuk pribadi sejak tahun 2004," tulis Cak Budi memberikan klarifikasi di akun Instagram miliknya.

"Kami akan menjual segera semua aset yang diperoleh dari uang donasi (1 unit iPhone 7 dan mobil Fortuner). Dana hasil penjualan tersebut, beserta dana yang masih belum digunakan akan kami amanahkan seluruhnya ke lembaga berskala nasional yang terpercaya seperti Dompet Dhuafa atau Aksi Cepat Tanggap (sedang diputuskan)," sambung dia.

Sebagai pihak yang ikut mewadahi donasi atas gerakan Cak Budi, pihak kitabisa.com juga meluruskan kabar miring yang ramai beredar sejak kemarin.

"Pembelian mobil dan telepon seluler tidak menggunakan donasi yang digalang melalui Kitabisa.com, melainkan menggunakan donasi yang langsung ke rekening pribadi milik Cak Budi dan istri. Penggalangan dana melalui rekening pribadi tersebut dilakukan sebelum Cak Budi membuat halaman di kitabisa, dan tidak bisa dimonitor oleh Kitabisa.com baik nominal yang terkumpul ataupun yang disalurkan," kata CMO Kitabisa.com, Vikra Ijas, dalam keterangan tertulis yang diterima merdeka.com, Selasa (2/5).

Sebagai tindaklanjut atas yang dilakukan Cak Budi, lanjut Vikra, pihak Kitabisa.com memutuskan menutup halaman penggalangan dana atas nama Cak Budi. Saat ini, Kitabisa.com tengah melakukan koordinasi dengan Cak Budi perihal penyaluran dana melalui Aksi Cepat Tanggap, lembaga kemanusiaan global yang disepakati oleh Cak Budi.

"Kami akan memastikan setiap rupiah yang terkumpul disalurkan kepada kaum dhuafa dan para donatur akan mendapatkan update segera setelah penyaluran dilakukan," tegas Vikra.

Vikra juga menambahkan, penggalangan dana Cak Budi melalui laman Kitabisa.com bermula ketika Alfatih Timur, CEO Kitabisa.com, bersama Cak Budi menjadi narasumber talkshow di sebuah TV nasional. Melihat nilai tambah yang diberikan Kitabisa.com untuk menjaga transparansi kegiatannya, Cak Budi membuat halaman penggalangan dana di Kitabisa.com/cakbudi.

Sesuai prosedur menggalang dana di Kitabisa.com, Cak Budi juga telah diverifikasi identitasnya oleh tim Kitabisa. Setiap Cak Budi melakukan pencairan atas dana yang terkumpul, Kitabisa.com juga secara rutin meminta update penyaluran dana. Update tersebut kemudian dilaporkan secara langsung kepada para donatur melalui kolom update di laman donasi terkait yang secara otomatis terkirim ke email seluruh donatur. Hal tersebut bisa dilihat pada kolom update penggunaan dana yang bisa diakses di Kitabisa.com/cakbudi di mana Cak Budi sudah mengirimkan update sejak tanggal 26 Januari 2017.

Adapun update yang ditulis di kitabisa tersebut terbatas pada donasi yang sudah dicairkan dari halaman Kitabisa.com/cakbudi. Cak Budi, telah mencairkan senilai Rp 200 juta dari total donasi terkumpul, dan telah disalurkan sesuai pelaporan di laman tersebut. Sisa donasi yang terkumpul akan disalurkan ke lembaga kemanusiaan global Aksi Cepat Tanggap. 

Asal muasal cak Budi ini sampai melakukan klarifikasi adalah terkait ribut-ribut sesama admin akun IG Lambe Turah.

Berikut kutipan postingannya:
Halo Nisa @lambe_turah ✌️ yang katanya gak kenal sama @cakbudi_ 😂😂😂😂😂😂 . Yang sempat bilang IKUT BAKSOS secara DIAM DIAM 😂 (pinter ya bikin Settingan!) . Please GESERRRR 👈👉 . Cerita singkat : Dulu saat pemilik pertama akun lambe turah (panggilan MOMMY) masih memegang akun, si Mommy sempat mikir "KENAPA Nisa posting2 ttg penggalangan dana Suisba, padahal si MOMMY tidak pernah menerima DM maupun pesan dari si Cak 😂 (ohhhh ternyata ada udang dibalik batu ya Nis?, ternyata kamu itu sudah kenal dengan Cak dan sudah punya group whatsapp sendiri ya 😜). . Pantesan si Mommy kamu hempaskan ya Nis dari akun Lambe Turah 😅😅😅😅😅 . Tapi si Nisa mah sudah terkenal suka JUALAN AKUN dan Mata Duitan 😂😂😂😂 (no wonder, kenapa Lambe Turah akhirnya DISIKAT dengan cara yang tidak baik, hanya karena UANG) . Pantesan belain si Cak mati2 an ya Mak 😅😅😅😅😅😅 . Mimin tekan kan sekali lagi ya Mak @lambe_turah .... akun ijk kagak butuh cari sensasi dan cari follower mak 😂 . Yang penting ijk bersih maakk 👍 . #kalobersihgakperlurisih #salam35juta #lambeturah . Yang mau cerita full ttg si Cak, silahkan di Instastory/snapgram ✌️
A post shared by thenewbikingregetan (@thenewbikingregetan) on

Lhooo.. kenapa sekarang tidak publik lagi? Kenapa di private? . Trus kemana postingan2 ke BAPER an yang tadi sempat nge tagged @mastercorbuzier karena mau minta tolong? . Lalu kemana postingan yang tadinya nyindirin orang yang photo JEMURAN?? 😂 . Wis mimin berani aja comment dilapak Cak Lontong, eh Cak Budi..... . Padahal comment mimin cuma : Cak kok BAPERAN banget ya, itu baru jemuran aja yang diphotoin cak belum daleman 😂 . Emang ada yang salah Cak? . Cak lupa pernah whatsapp an sama si Mommy (pemilik asli akun @lambe_turah sebelum itu akun dicolong sama Nisa?). Oohhhh Nisaaaaa.... oh Cak, ada apa gerangan dibalik kalian? 😂 . Nisa kemarin2 pas mimin Tanya ttg kasus #salamtempel35juta pun masih mengelak 😂😂😂😂 . Katanya itu hanyalah gossip belaka . . Gossip opo toh Rek? Pake pura2 bilang CB gak pernah tahu siapa Nisa/orang yg pegang lamtur 😂 . Tepuk tangan buat akting nya si Nisa 👍👍👍👍👍👍 . Gimana mau mengelak dan pura2 CB gak tahu admin lamtur? Kalo sampean aja nerima duit #salam35juta 😂😂😂😂😂 . Untung mimin @thenewbikingregetan bukan akun berbayar ya Nis 😜 (jadi semua orang bisa minta tolong ke mimin tanpa perlu pandang bulu dan pandang nominal duit sebelum kasus di blow up 😂😂😂). Apalagi pake salam tempel 35juta dan jual akun 😂😂😂😂 . #kalobersihgakperlurisih #salam35juta #lambeturahmintasalamtempel
A post shared by thenewbikingregetan (@thenewbikingregetan) on

Terimakasih @kitabisacom ✌️✌️ . Mohon ditekankan sekali lagi ya, karena banyak pertanyaan lewat DM seputaran "Min apakah Cak Budi itu pemilik @kitabisacom dan apakah mereka ada main belakang?" . Jawabanya : @kitabisacom tidak ada hubungannya dengan Cak Budi, karena mereka hanya pemilik jasa Web yang digunakan oleh Cak Budi dalam mengumpulkan dana para donatur. Dan didalam system @kitabisacom (semua pengeluaran dan pemasukan selalu ada kejelasan/TRANSPARANSI). . Cak Budi tidak menggunakan uang yang terkumpul dari @kitabisacom untuk membeli 2 mobil fortuner dan beberapa barang lain miliknya (seperti handphone, kacamata berharga 15juta dan uang yang dia berikan ke beberapa perempuan hingga traktir makan tak lain adalah dari Dana para Donatur yang masuk ke rekening pribadi istri Cak Budi "Mbak Lina") . Setelah ketahuan harga kacamata 15juta (Cak Budi langsung hapus photo yang menggunakan kacamata tersebut 😂) . Jangan lupa juga, Akun instagram Mbak Lina itu hasil BELI lhooo (Pasti sudah banyak yang tahu, dulunya itu akun apa 😅). Kira2 uang untuk beli akun bayarnya pakai uang siapa ya? . Hmmm... . Oh ya... sekarang sudah hari selasa, Cak Budi kan berjanji akan mengeluarkan bukti2 rekening koran yaaaa... (betul gak?) . Geser 👈👉
A post shared by thenewbikingregetan (@thenewbikingregetan) on



Subscribe to receive free email updates: