Ngeri Nih! 1 Anak Dihargai 5 Miliar di Pasar Gelap

Infoteratas.com -  Dari  manadopostonline.com  : Salah satu yang penyebab penculikan anak kian marak di kota-kota besar karena penjual...


Infoteratas.com - 
Dari manadopostonline.com :

Salah satu yang penyebab penculikan anak kian marak di kota-kota besar karena penjualan organ tubuh mahal. Informasi dirangkum koran ini, harga organ tubuh manusia mencapai lebih dari Rp 5 miliar di pasar gelap. Paling mahal organ tubuh ginjal, hati, dan jantung (lihat grafis).

“Karena mahalnya organ-orang tubuh manusia ini sehingga pelaku tidak segan-segan mengambil resiko besar. Bahkan ada juga orang yang ingin menjual secara sukarela ginjalnya untuk uang. Pernahkan heboh kan ada ayah ingin menjual ginjalnya untuk biaya kuliah anaknya. Ini karena manusia masih bisa hidup dengan satu ginjal,” ujar sumber yang meminta namanya disimpan, kemarin.

Terpisah, pengamat hukum Maximus Watung menilai, anak paling banyak dijadikan objek penculikan karena umumnya masih polos. “Anak-anak polos dan mudah percaya dengan orang asing jika tidak dididik orangtua. Anak mudah dirayu dengan iming-iming permen, kue, bahkan uang. Anak juga belum bisa membedakan orang yang berniat jahat dan tidak. Apalagi umumnya pelaku penculikan bersikap manis untuk merayu anak-anak,” ujarnya.

Lanjutnya, secara fisik anak juga lemah. Itu juga salah satu alasan sering dijadikan sasaran penculikan. “Karena pelaku tidak mau mengambil resiko jika menculik orang dewasa. Tapi kalau anak lemah dan masih kecil, sehingga gampang diredam jika ada perlawanan,” katanya.

Menurutnya, orangtua harus menjadi benteng paling pertama untuk melindung anak-anak. “Saya rasa jika orangtua mengawasi anak-anak dengan benar maka penculikan itu tidak akan terjadi. Sebab suatu tindak kejahatan bisa terjadi karena ada peluang,” jelasnya.

Selain di lingkungan rumah dan tempat beriman anak, sekolah juga sering menjadi incaran pelaku penculikan. Terkait hal ini, Kepala Dinas Pendidikan Sulut Asiano Kawatu mengimbau kepala sekolah dan guru untuk perketat pengawasan terhadap siswa.

“Fenomena itu memang tak dapat dipungkiri. Dari tahun ke tahun tetap ada. Karena itu kita perlu terus waspada. Saya sudah WA (WhatsApp) ke kepsek-kepsek untuk semakin intensif mengawasi para siswa, termasuk lingkungan sekitar sekolah,” ungkapnya.

Namun, ia mengingatkan para guru untuk tetap menanamkan nilai keberanian kepada para siswa. “Jangan karena was-was, kemudian para guru menakut-nakuti,” jelasnya.

Selain itu menurutnya, hal ini perlu disikapi bersama seluruh komponen masyarakat. “Orangtua dan masyarakat pun perlu kerja sama mengawasi,” katanya.

Pengamat pendidikan Sjamsi Pasandaran menganggap, fenomena ini perlu disikapi serius dunia pendidikan. Sekolah harus menjamin anak-anak tetap di lingkungan sekolah selama jam sekolah. “Mata pelajaran tidak boleh kosong, harus terus diisi. Jangan biarkan siswa bebas berkeliaran di luar,” imbaunya.

Selain itu, sekolah perlu mengenal siapa saja yang dapat berinteraksi dengan anak-anak. “Para pedagang mau pun sopir minimal sekolah tau siapa mereka. Kalau perlu yang mau jual harus di dalam pagar sekolah, biar anak-anak tetap ada dalam pengawasan,” katanya.

Ia pun mengungkapkan petugas keamanan harus dioperasikan untuk awasi siswa saat istirahat atau ketika pulang sekolah. “Sekolah harus menjamin anak-anak pulang dengan aman,” katanya.

Karena itu kerjasama sekolah dengan orangtua siswa dan masyarakat harus lebih erat lagi. “Harus saling koordinasi demi keselamatan anak,” kuncinya.

Sementara itu, Kabid Humas Polda Sulut Kombes Pol Ibrahim Tompo mengatakan, pihak kepolisian akan mengusut tuntas kasus penculikan. “Saat ini kasus penculikan yang marak terjadi sudah menjadi atensi kepolisian. Apalagi korbannya adalah anak-anak kecil,” ungkapnya semalam.

Dia juga menambahkan, para pelaku penculikan dapat dikenakan hukuman berlapis. “Karena korbannya anak-anak, para pelaku ini bisa dikenakan hukuman berlapis tergantung modus penculikan itu sendiri,” tuturnya.

Tompo menegaskan, masyarakat tidak perlu resah dengan isu penculikan. Namun dia meminta orangtua tetap waspada. “Kepolisian bakal mengawal kasus ini, untuk itu sinergitas pihak keamanan dan masyarakat sangat diperlukan. Namun tetap diharapkan kewaspadaan dan pengawasan terhadap anak-anak yang sering bermain di luar rumah, terutama dari orangtua,” pungkas perwira tiga melati ini.

Lanjutnya, terkait dugaan anak diculik dengan modus dijual organ tubuh belum terjadi di Sulut. “Kalau di Sulut belum ada modus seperti itu. Karena kasus-kasus penculikan akhir-akhir ini juga para korban masih ditemukan dalam keadaan selamat,” katanya.


Sekedar diketahui, selang dua pekan ini sudah terjadi tiga kasus penculikan di tiga tempat berbeda. Terbaru, terjadi jumat lalu di Kelurahan Mahawu, Lingkungan IV, Kecamatan Tuminting. Yang menjadi korban Alvareza Bilondatu (12), siswa SMP Negeri 11 Manado. (rangga/yeshinta/can)

Dari detik.com :


Tersebar gambar di media sosial yang menuliskan satu anak dihargai Rp 5 miliar. Polisi akan mendalami informasi tersebut dan meminta agar masyarakat tetap tenang.

"Kasus pedofil ini, akan kami terus kembangkan dengan melakukan penegakan hukum," kata Kabagpenum Divisi Humas Polri Kombes Martinus Sitompul kepada detikcom, Senin (20/3/2017).

Dari gambar yang beredar, ada "daftar harga" dari masing-masing organ tubuh anak. Diantaranya, sepasang bola mata dihargai Rp 14 juta, ginjal dihargai Rp 2,4 miliar, lalu organ hati anak diberi harga Rp 1,4 miliar. Kemudian kulit anak dihargai Rp 91 ribu per inch persegi. Bahkan kulit kepala anak dihargai hingga Rp 5.56 juta.

"Informasi-informasi itu tentu akan kita dalami," kata Martinus.

Martinus juga mengimbau kepada masyarakat khususnya orang tua, agar tetap mengawasi aktivitas anak di media sosial.

"Kepada masyarakat, kami imbau agar tetap mengawasi aktifitas anak-anak terutama aktivitas mereka di dunia maya melalui media sosial," imbaunya.

Saat ini diketahui pelaku pedofil tergabung dalam sindikat internasional. Bahkan ada grup Facebook, WhatsApp serta Telegram yang beranggotakan sejumlah pelaku pedofil dari 9 negara.

Sedikitnya ada 11 Grup WA dan Telegram internasional yang sudah diketahui, di antaranya grup Llêvë Cãsêrá Caldo d Poîo (beranggotakan 158 member), Contadirbpublico?? (beranggotakan 242 member), Deep we (beranggotakan 118 member), teen pack???????????? (beranggotakan 241 member), dan NO LIMITS FUN GORE XXX (beranggotakan 28 member).

Atas terungkapnya kasus ini, polri akan bekerja secara profesional untuk melindungi masyarakat dari kejahatan seksual menyimpang ini.

"Polri akan bekerja secara profesional untuk melindungi masyarakat," pungkas Martinus. 
(brt/rvk)



 Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Yohana Yambise, meminta masyarakat mewaspadai perdagangan manusia dengan modus penjualan organ tubuh anak. Masyarakat resah dengan maraknya pemberitaan terkait kasus penculikan anak yang disertai penjualan organ tubuh yang dilakukan oleh orang yang menyamar sebagai orang gila, pengemis, dan gelandangan.

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Yohana Yambise, mengatakan kasus penculikan dan penjualan organ tubuh anak ini masih belum bisa dipastikan kebenarannya. Pihak kepolisian menjelaskan kasus ini merupakan kabar tidak benar (hoax) yang telah disebarkan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab melalui media sosial atau pesan singkat.

“Meskipun begitu, kasus penculikan anak yang disertai dengan penjualan organ tubuh merupakan bentuk dari tindak pidana perdagangan orang yang harus diwaspadai bersama,” kata Yohana, di Jakarta, Kamis (16/3). cit/N-3




COMMENTS

Nama

9 naga,1,Adu Panco,1,afi,20,agama,3,ahmad dhani,105,AHOK,454,AHY,44,alexis,3,AmienRais,19,Anies,112,antasari,2,Arcandra,1,Ari Wibowo,5,Ario,4,ario kiswinar,5,artikel,1,ayu tt,6,azizi travel,2,banjir jakarta,2,Berita,639,berita hiburan,5,berita unik,145,bom,10,Budayawan,1,Budi Gunawan,1,buni yani,27,bunuh diri,17,caisar,2,debat pilkada,6,deddy corbuzier,5,demo ahok,21,demo jokowi,2,demo kspi,8,demokrat,2,Djarot,4,DKI,8,DPR,3,Ekonomi,1,entertaiment,349,Fadli Zon,46,Fahri,42,first travel,56,fpi,378,freeport,2,FrontBetawi,3,geby,3,gerindra,10,gibran,16,Golkar,2,Habibrizieq,52,Habiburokhman,2,hari tanoe,1,hate speech,70,headline,1,hoax,3,Hukum,15,Ibu Eni,1,Indro Warkop,1,info sehat,1,infrastruktur,1,internasional,45,intoleransi,1,inul,4,Irmangusman,1,Islami,5,isu PKI,3,IwanFals,1,Jakmania,8,jogja,1,JOKOWI,231,jonru,67,jupe,15,jusuf kalla,5,kaesang,52,kahiyang,17,Kapolri,17,kasus ahok,16,kasus antasari,3,kasus buni yani,10,kasus dwi,4,kasus eggy sudjana,6,kasus ektp,12,kasus habib rizieq,173,kasus HT,12,kasus makar,20,kasus mirna,1,kasus pancasila,1,kasus reklamasi,2,kasus siti,3,kasus sumber waras,3,kecelakaan,14,kecelakaan kapal,2,Kemang,1,KIP,1,kisah,4,Kontroversi,20,kpk,29,kriminal,74,lion air,2,loker,1,Lulung,7,maia,11,Marioteguh,10,marissa,10,mbah mijan,1,menpora,2,menteri susi,13,mudik2017,3,MUI,14,nasdem,1,Nasib Guru,3,nasioanal,2,Nasional,867,nasional. pilgub dki,2,naso,1,news,143,nikita,6,NU,20,Nusronwahid,2,ojek online,1,olahraga,10,opick,6,pan,9,paradise papers,4,PDIP,20,pedofil,3,pembunuhan,2,Pilgub DKI,175,pilih,1,pilpres 2019,2,Pilpres 2019 Golkar,2,PKS,12,polisi,2,politik,1036,prabowo,4,PRESTASI AHOK,1,Ragam,43,raja arab,22,Ratna Sarumpaet,13,razman,5,ridwan kamil,12,rina,1,Risma,3,rohingya,5,rosita,13,Ruhut,4,Saipul Jamil,2,sam aliano,1,sandi,12,sandiaga,91,Sanusi,2,saracen,68,SBY,71,sejarah,3,sepak bola,7,setnov,23,sidang ahok,50,sri mulyani,2,Sumber waras,2,Susi,3,Syafi'i,1,Taufik,1,Tax amnesty,4,Teman Ahok,3,tips,6,Tito,2,TKW,1,TKW SRI,1,tren,1,trending topik,411,tv one,8,uang,1,Umum,1,Vaksin Palsu,4,Yusril,3,
ltr
item
Infoteratas: Ngeri Nih! 1 Anak Dihargai 5 Miliar di Pasar Gelap
Ngeri Nih! 1 Anak Dihargai 5 Miliar di Pasar Gelap
https://4.bp.blogspot.com/-nrKIdc_wvoE/WNGmq_YjIFI/AAAAAAAAEMs/cA9rqYCDxU8EGOxkhPF3hhLNyiTsHW-HwCLcB/s640/lima.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-nrKIdc_wvoE/WNGmq_YjIFI/AAAAAAAAEMs/cA9rqYCDxU8EGOxkhPF3hhLNyiTsHW-HwCLcB/s72-c/lima.jpg
Infoteratas
http://www.infoteratas.com/2017/03/ngeri-nih-1-anak-dihargai-5-miliar-di.html
http://www.infoteratas.com/
http://www.infoteratas.com/
http://www.infoteratas.com/2017/03/ngeri-nih-1-anak-dihargai-5-miliar-di.html
true
4105805820566066428
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy