Ke Mana Iriana Widodo Selama Kunjungan Raja Salman? Ternyata Ini Jawabnya.......!




Infoteratas.com - Sejak Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz Al Saud mendarat di Bandara Halim Perdanakusuma, Presiden Joko Widodo tak pernah absen mendampingi. 
Setelah menyambut langsung di Bandara Halim, Presiden juga menyambut sang Raja di teras Gedung Utama Istana Bogor. Keduanya kemudian melakukan serangkaian agenda bilateral hingga sore hari pada Rabu (1/3). 

Keesokan harinya, Jokowi dan Raja Salman kembali melakukan kegiatan bersama di Masjid Istiqlal kemudian di Istana Merdeka. 

Namun, sejak kunjungan di hari pertama, Ibu Negara Iriana Widodo tak tampak mendampingi. Padahal, saat kunjungan Raja Faisal bin Abdulaziz pada tahun 1970, Ibu Tien Soeharto tampak ikut serangkaian kegiatan yang dilakukan Presiden Soeharto.

Dilihat dari video dokumentasi kunjungan Raja Faisal pada 1970, Ibu Tien yang mengenakan kebaya tampak menyambut Sang Raja di Istana Negara. Kemudian, Ibu Tien terlihat ikut ngobrol dengan Raja Faisal bersama Soeharto di sebuah ruangan di Istana Negara, Jakarta. 

Saat jamuan makan malam, Ibu Tien duduk berdekatan dengan Raja Faisal. Saat itu, meja untuk makan malam diatur melingkar. Raja Faisal duduk diapit oleh Ibu Tien dan Presiden Soeharto.

Lalu, mengapa Ibu Iriana Widodo tidak tampak mendampingi Presiden sejak kunjungan Raja Salman di hari pertama?

Kepala Biro Protokol Kepresidenan RI, Ari Setiawan, mengatakan Ibu Negara memang tidak mendampingi sejak awal karena tidak ada satu pun istri Raja Salman yang ikut kunjungan ke Indonesia. Kasusnya akan berbeda jika Raja Salman didampingi oleh istrinya.

"Memang sejak awal kan Raja Salman tidak didampingi oleh istrinya, jadi Ibu Negara tidak mendampingi Bapak Presiden," kata Ari kepada kumparan di Jakarta, Jumat (3/3).
Ari mengatakan jika Raja Salman didampingi istrinya, maka sudah pasti Iriana Widodo akan tampil. Ia mencontohkan saat kunjungan PM Jepang Shinzo Abe, Iriana ikut mendampingi Presiden karena ada istri sang kepala pemerintahan. 

Juga dalam kunjungan-kunjungan kenegaraan sebelumnya, tiap kali ada kepala negara memboyong istrinya, Iriana pasti akan tampil untuk mendampingi. 





Iriana kenalkan kerajinan Nusantara ke Akie Abe (Foto: Yudhistira Amran Saleh/kumparan)

Dalam kasus Ibu Tien Soeharto, Ari menilai protokol yang berlaku di era Soeharto dan Jokowi tentunya memiliki perbedaan. "Itu kan dulu, pasti ada perbedaan dengan sekarang," ujarnya. 

Selain itu, Ari menilai Arab Saudi memang memiliki kebiasaan bahwa mereka tidak akan melibatkan perempuan dalam kunjungan resmi kenegaraan atau kegiatan yang terkait politik. 

"Jadi memang dalam kebiasaanya Arab Saudi jarang melibatkan perempuan dalam politik. Ketika ratu tidak dibawa maka kami menyesuaikan saja," ujarnya. 
Hari ini, Raja Salman masih akan melakukan serangkaian kegiatan di Jakarta. Sekitar pukul 14.15 WIB, Raja Salman akan menerima kunjungan Presiden Joko Widodo bersama sejumlah tokoh lintas agama di Hotel Raffles, Kuningan, Jakarta Selatan.

Pada malam harinya, Raja Salman akan menerima kunjungan kehormatan Wakil Presiden Jusuf Kalla, juga di tempatnya menginap di Hotel Raffles. Besok, Raja Salman akan bertolak ke Brunei Darusallam dan kemudian kembali ke Bali untuk beristirahat. (kumparan.com)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ke Mana Iriana Widodo Selama Kunjungan Raja Salman? Ternyata Ini Jawabnya.......!"

Posting Komentar