Geger Hio di Dekat Pintu Masuk di Ruang Sidang Ahok, Ternyata Ini Penjelasannya.....!


Infoteratas.com - Netizen heboh dengan pemberitaan dari media detik.com (https://news.detik.com/berita/d-3440173/ada-hio-di-dekat-pintu-masuk-di-ruang-sidang-ahok)
Ini bisa dilihat dari ribuan komentar nyinyir yang menuduh Ahok main sihir.

Berikut kutipannya:

Sidang dugaan penistaan agama dengan terdakwa Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) berlanjut. Namun ada yang menarik di sidang ke-13 itu yaitu adanya hio atau dupa China di dalam ruang sidang.

Dari pantauan, Selasa (7/3/2017), terlihat hio itu berwarna merah mencolok dan ditaruh di atas meja. Lokasinya berada di dekat pintu masuk di mana biasanya Ahok memasuki ruang sidang.

Posisi pintu itu berada di sisi kanan majelis hakim. Ahok memang biasanya melintas di depan hakim ketika memasuki ruang sidang.

Entah siapa yang menaruh hio itu di dalam ruang sidang dan apa tujuannya. Pun tak diketahui apakah hio itu dinyalakan dan tetap berada di ruang sidang atau dipindahkan.

Padahal disemua pengadilan pasti ada Hio nya. Alat tersebut termasuk dalam 17 alat persidangan yang wajib ada. 
1.    Palu 
2.    Posisi Meja
3.    Pembatas Pengunjung Sidang 
4.    Papan Nama dan Kain Hijau
5.    Bendera dan Lambang Negara
6.    Kitab Suci
7.    Kertas Sumpah ‘Pegangan’ Hakim
8.    Buku Agenda Hakim
9.    Pintu ‘Rahasia’
10.  Dupa
11.  Laptop
12. Tanda Peringatan
13. Nama-Nama Ruang Sidang
14. Mic
15. Kalender
16. Jam Dinding
17. Alat Perekam Persidangan


Ini salah satu foto ruang sidang di PN Surabaya baru-baru ini





Kemudian, berita pertama tadi telah dikalrifikasi oleh detik.com

Berikut kutipannya:

Terdapat hio atau dupa China di dalam ruang sidang dugaan penistaan agama dengan terdakwa Basuki Tjahaja Purnama (Ahok). Pihak pengadilan menjelaskan hio atau dupa tersebut difungsikan untuk penyumpahan saksi. 

"Pengadilan itu harus menyediakan alat perlengkapan penyumpahan bagi semua agama resmi di Indonesia," kata Humas Pengadilan Jakarta Utara Hasoloan Sianturi ditemui di Auditorium Kementerian Pertanian, Jl RM Harsono, Jakarta Selatan, Selasa (7/3/2017). 

Hasoloan menjelaskan, pengadilan tak pernah tahu agama saksi yang akan dihadirkan sebelum saksi tersebut berada di persidangan. Oleh sebab itu untuk berjaga-jaga, disediakan semua alat kelengkapan dari semua agama resmi. 

"Karena siapa tahu di antara saksi dan ahli itu ada dari agama Islam, Kristen, Katolik, Buddha, Konghuchu, Hindu. Jadi semua perlengkapan itu harus ada," jelasnya. 

Hio atau dupa tersebut ada di meja hakim tak hanya sidang kali ini tapi juga sidang-sidang sebelumnya. Hio atau dupa dan semua kelengkapan penyumpahan diletakkan di samping kanan majelis hakim. Hingga saat ini benda-benda tersebut masih berada di tempatnya.

Jadi, jangan cepat termakan fitnah? Jika bermanfaat, bantu share!

Infoteratas.com

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Geger Hio di Dekat Pintu Masuk di Ruang Sidang Ahok, Ternyata Ini Penjelasannya.....!"

Posting Komentar