Fadli Zon Sarankan Jokowi Ganti Mobil Esemka, Begini Jawaban Cerdas Menko Luhut. Skakmat.....!

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Panjaitan. (Fiki Ariyanti/Liputan6.com)


Infoteratas.com - Wakil Ketua DPR RI, Fadli Zon mengusulkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) menggunakan mobil Esemka. Usulan tersebut muncul ketika heboh mobil kepresidenan yang ditunggapi Jokowi mendadak mogok saat kunjungan kerja ke daerah, beberapa waktu lalu.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Panjaitan mengatakan, mobil kepresidenan di seluruh negara, termasuk Indonesia memiliki standar yang harus dipenuhi. Ada aturan perundang-undangan yang mengaturnya.


"Mobil Presiden harus bisa mengamankan sampai titik tertentu dari seorang kepala negara. Makanya dibuat aturan sampai ke Undang-undang karena ada SOP-nya, dan kalau tidak dilakukan dengan baik, Pasukan Pengamanan Presiden yan akan kena," kata Luhut dalam acara Coffee Morning di kantornya, Jakarta, Jumat (24/3/2017).


Terkait usulan mobil Esemka menjadi mobil kepresidenan, Luhut menyarankan tidak saat ini. Akan tetapi dia optimistis kualitas mobil Esemka akan meningkat sehingga ke depan dapat direkomendasikan sebagai mobil kepresidenan.


"Mobil Esemka? kamu saja yang naik, jangan suruh Presidennya naik. Nanti gara-gara Esemka blong lagi remnya," canda Mantan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan itu.


"Jangan terlalu cepat lah. Tapi tidak bisa dipungkiri siapa tahu nanti sudah bagus Esemka 20 tahun mendatang, sehingga bisa jadi mobil Presiden. Kalau sekarang menurut saya belum," tandas Luhut.

Untuk diketahui, dalam kunjungan ke Kalimantan Barat pada pekan lalu, mobil kepresidenan yang ditunggangi Jokowi mogok di tengah jalan.

Jokowi memang menempuh perjalanan darat menuju Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Nanga Badau dan PLBN Aruk. Jokowi selalu menggunakan mobil Mercedes Benz S 600 hitam dalam menempuh perjalanan ke perbatasan.

Jokowi sempat menumpangi mobil dinas Gubernur Kalimantan Barat Cornelis. Saat itu, Jokowi beserta rombongan akan makan malam di Pasar Hongkong, Singkawang.

Jokowi meresmikan 8 PLTG Power Plant 500 MW di Desa Sungai Kunyit, Kecamatan Mempawah Hilir, Kabupaten Mempawah. Sepulang dari sana, Jokowi beserta rombongan menuju ke sebuah restoran di kawasan Kubu Raya sebelum kembali ke Jakarta.

Tak disangka, mobil hitam yang biasa ditumpangi Presiden berhenti. Rupanya, mobil Jokowi mogok.

Kepala Biro Pers, Media, dan Informasi Bey Machmudin mengatakan, mobil itu mogok setelah menempuh perjalanan 30 menit dari Mempawah.

"Mogok karena bermasalah pada setingan gas, sehingga laju kendaraan tidak bisa dalam keadaan normal," kata Bey di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (20/3/2017).

Paspampres kemudian melakukan prosedur keamanan dan menyiapkan mobil pengganti. Sebuah mobil Toyota Alphard disiapkan sebagai pengganti agar Jokowi dapat melanjutkan perjalanannya. 


Untuk diketahui standar mobil RI 1 adalah sebagai berikut:

1. Berlapis baja dengan tingkat resistensi Eropa B6/B7, yang dapat menahan tiga tembakan senapan militer M60, M14, atau FAL-FN, serta tembakan senjata kecil seperi M16, dan 357 Magnum.
2. Juga memberikan perlindungan terhadap fragmen yang muncul dari ledakan. Adopsi perlindungan ini menggunakan VR9.
3. Seluruh kaca mobil ini dilapisi lapisan polikarbonat agar tidak pecah dan dapat melukai penumpangnya.
4. Untuk fitur keamanan termasuk ban run-flat Michelin PAX 245-700 R470 AC, yang mampu membuat mobil tetap bisa berjalan sejauh 60 kilometer tanpa udara.
5. Selain itu, juga dilengkapi sistem pengaturan udara segar darurat, sistem kontrol pneumatik darurat untuk membuka jendela (beroperasi secara tersendiri dari sistem elektronik), serta Panic Alarm System tambahan. Tangki bahan bakar 90 liter dan
sistem pemadam kebakaran otomatis yang mampu mengunci penyebaran api.
6. Selain itu, tersedia pula kamera belakang, kaca depan, dan jendela depan tahan panas, sistem adjutable doorhold yang digunakan di keempat pintu, serta tirai belakang listrik. Tentu hal yang sama seperti Cadillac One milik Obama yang menyediakan kamera night vision. Untuk kecepatan, S600 dapat melaju hingga 210 kilometer per jam dengan GVW 4.200 kilogram.
7. Untuk interior, dilengkapi perangkat night view assist system, guna memantau situasi di luar ketika kondisi jalan gelap. Berfungsi layaknya sonar infra merah, dengan kemampuan melihat objek saat cahaya di luar sangat terbatas.1.(Fik/Gdn)Liputan6.com

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Fadli Zon Sarankan Jokowi Ganti Mobil Esemka, Begini Jawaban Cerdas Menko Luhut. Skakmat.....!"

Posting Komentar