Lembaga Dakwah PBNU: Fatwa MUI Selalu Meresahkan Masyarakat...!


Infoteratas.com - Belum lama ini Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengeluarkan fatwa, yang isinya mengharamkan bagi muslim menggunakan atribut agama lain.

Polemik pun muncul setelah fatwa itu keluar. Karena organisasi masyarakat (ormas) Islam melakukan sweeping di beberapa daerah sehingga membuat resah.

Ketua Lembaga Dakwah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Maman Imanulhaq mengatakan, sering kali fatwa yang dikeluargkan oleh MUI menimbulkan polemik di masyarakat. Sehingga membuat gaduh suasana.

"Soal fatwa MUI itu yang selalu meresahkan," ujar Maman disela-sela diskusi Kebhinekaan di Museum Nasional, Jakarta, Kamis (29/12).


Oleh sebab itu, anggota Komisi VIII DPR ini menyarankan kepada pemerintah untuk memberikan anggaran kepada MUI. Hal itu agar lembaga yang dikepalai oleh Ma'ruf Amin ini agar bisa dikontrol pemerintah dalam membuat fatwa.


"Tiba-tiba keluarkan fatwa yang enggak substansional. Nah negara harus masuk di sana," katanya.

Sekadar informasi, beberapa waktu lalu MUI mengharamkan pengunaan atribut nonmuslim bagi karyawan muslim.

Sementara kepada pemilik usaha seperti hotel, super market, pusat perbelanjaan, restoran juga diharamkan memaksa karyawan muslim untuk menggunakan atribut agama lain.


Fatwa itu dikeluarkan MUI untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan mengenai hukum menggunakan atribut keagamaan nonmuslim. Keputusan MUI Nomor 56 Tahun 2016 dikeluarkan pada 14 Desember 2016. 


Padahal Kostum natalan yang dikenakan putri Agus Harimurti Yuhoyono dan istri jadi perbincangan netizen. Bahkan, pergunjingan netizen melebar ke nama Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab.

Sebab, Rizieq pernah menyatakan sikapnya, sebagaimana diberitakan sejumlah media online, bahwa haram hukumnya bagi umat Islam merayakan natalan. Bahkan, Rizieq berjanji akan membakar atribut natal yang dijualbelikan bersama anggotanya.

"Hahahaha kaca mana kaca. Beraninya sama Ahok doang. Kandidat yang lain kok nggak ditegur ya?" kicau Laode Kamaludin mengomentari sebuah meme di dinding facebook milik Ade Adriansyah.



Dalam meme nampak salah satu foto Almira bersama Agus dan Annisa Pohan berfoto bersama dengan mengenakan baju merah dengan renda-renda putih ala Santa Clause. Di bagian atas, nampak foto Habib Rizeq lengkap dengan pernyataannya seperti pernah diberitakan media.


Dalam pergunjingan itu, Habib Rizieq ditantang untuk berani mencabut dukungan dan melawan Agus. Ini lantaran netizen menganggap apa yang dikenakan Annisa Pohan dan Almira Yudhoyono bagian dari atribut natal.

Foto Almira bersama sang ayah dan Annisa Pohan, muncul pertama kali di jejaring sosial Instagram milik Annisa. Awalnya ada tiga foto yang diupload Annisa. Tetapi belakangan satu foto dihapus. Foto Almira sedang pentas di panggung dengan peserta lain yang mengenakan topi Santa.(cr2/JPG)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Lembaga Dakwah PBNU: Fatwa MUI Selalu Meresahkan Masyarakat...!"

Posting Komentar